Hubungan Perilaku Cuci Tangan Terhadap Kejadian Diare Pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri Ciputat 02

Alif Nurul Rosyidah

Abstract


Diare merupakan penyakit yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di negara berkembang termasuk di Indonesia. Provinsi Banten menduduki peringkat ke enam yang mempunyai prevalensi diare yang cukup tinggi. Pada kelompok umur 5 – 14 tahun prevalensi diarenya sebesar 10,3%. Untuk menurunkan kematian karena diare perlu tata laksana yang cepat dan tepat, salah satunya mencuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku cuci tangan terhadap kejadian diare pada siswa di SDN Ciputat 02. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif correlation yang menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebesar 56 responden diambil secara stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi, analisa data menggunakan uji Fisher. Hasil penelitian menunjukkan yang memiliki perilaku cuci tangan yang baik sebesar 44.6% dan yang memiliki perilaku kurang sebesar 55.4%. Anak SD yang menderita diare dalam tiga bulan terakhir sebesar 80.4%, sedangkan anak yang tidak menderita diare dalam tiga bulan terakhir sebesar 19.6%. Hasil uji statistik menunjukan (p = 0.015) artinya ada hubungan antara perilaku cuci tangan terhadap kejadian diare. Peneliti menyarankan agar siswa diharapkan dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan selalu disiplin melakukan praktik cuci tangan agar terhindar dari risiko terjadinya diare.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakrta: Rineka Cipta

Departemen Kesehatan RI. 2009. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Provinsi Banten Tahun 2007. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Depkes RI Joni, Rendy Pranda dan Anggoro, Denny. 2012. Hubungan Tingkat Pengetahuan Sikap dan Perilaku tentang Kebersihan Diri Siswa SD dengan Kejadian diare pada Sisa SDN Pujokusuman 1.

Yogyakarta : Karya Tulis Ilmiah Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas

Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Kementerian Kesehatan RI. 2011. Buletin Jendela Data dan Informasi : Situasi Diare di Indonesia. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Depkes RI

Kementerian Kesehatan RI. 2011. Interaksi Suplemen : PHBS di Sekolah. Jakarta : Pusat Promosi Kesehatan Kemenkes RI

Kementerian Kesehatan RI. 2011. Pedoman

Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dn Sehat (PHBS). Jakarta : Kemenkes RI

Notoatmodjo, S. 2007. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta : Rineka Cipta

Notoatmodjo, S. 2010, Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Wong, Donna I. 2004. Pedoman Klinis Keperawatan Pediatrik. Jakarta : EGC




DOI: https://doi.org/10.46749/jiko.v3i1.25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JIKO (Jurnal Ilmiah Keperawatan Orthopedi)



Jurnal Ilmiah Keperawatan Orthopedi is Indexed By :

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Keperawatan Orthopedi Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats